Jumat, 18 Januari 2013

MASUKNYA AGAMA HINDU DI INDONESIA


Masuknya Agama Hindu di Indonesia


    Agama Hindu diperkirakan masuk ke wilayah Indonesia sekitar awal abad ke empat. Agama hindu sendiri meruoakan agama yang pertama di kenal di Indonesia. cara penyebaran agama ini juga tidak lepas dari pengaruh perdagangan, karena penyebaran tersebut dilakukan oleh para pedagang India yang sedang berdagang dan bermukim di Indonesia.

Teori masuknya Hindu ke Indonesia

Ada beberapa teori yang menyatakan masuknya agama Hindu ke Indonesia yaitu:

1.    Teori Brahmana

          Teori Brahmana di kemukakan oleh Van Leur. Yang berisikan bahwa agama Hindu dibawa oleh para pendeta ke Indonesia. Pendapatnya dibuktikan dengan adanya kitab weda, karena para brahmana lah yang mengetahui kitab tersebut.

2.    Teori Ksatria

          Teori Ksatria dikemukakan oleh Majundar, Moekriji dan Nehru. Mereka berpendapat bahwa agama Hindu dibawa dan disebarkan oleh para prajurit India.

3.    Teori Waisya

          Teori Waisya sendiri di kemukakan oleh Krom. Dia menyatakan bahwa agama Hindu dibawa dan disebarkan oleh para pedagang. Dan dibuktikan oleh banyak para pedagang India yang berdagang di Indonesia.

4.    Teori Sudra

          Teori sudra ini mengatakan bahwa agama Hindu dibawa oleh para budak, mereka menyebarkan agama Hindu karena ingin merubah nasib mereka menjadi lebih baik. Karena didalam strata kasta Hindu, bangsa sudra ini merupakan golongan terbawah.

5.    Teori Arus Balik
Teori ini menyatakan bahwa bangsa Indonesia belajar agama Hindu daei negeri India langsung, lalu kembali ke Inodnesia dan menyebarkan agama Hindu. Tetapi menurut sejarah, orang-orang belajar agama Hindu ke India setelah adanya kerajaan Sriwijaya.


SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar