Jumat, 18 Januari 2013

Aspek Positif dan Negatif Perkotaan


Aspek Positif dan Negatif Perkotaan


          Sebenarnya bila kita berbicara aspek positif dan negatif dari dari perkotaan pasti tidak akan pernah lepas hubungannya tentang cara hidup atau kebiasaan, tingkah laku, dan sikap dari masyarakat perkotaan itu sendiri. Oleh karena itu, sebelum kita masuk ke dalam aspek positif dan negatif dari perkotaan, pertama kali yang kita harus pahami adalah apa arti masyarakat itu sendiri. Dan arti dari masyarakat perkotaan.

Pengertian dari masyarakat

          Masyarakat menurut pendapat saya adalah kumpulan dari sebuah individu, atau bisa dikatakan sebagai kumpulan dari setiap satu kepala keluarga dan mereka semua mempunyai sebuah aturan-aturan, adat istiadat, yang harus mereka patuhi dan hormati. Sedangkan pengertian dari masyarakat perkotaan atau yang sering disebut dengan urban community adalah lebih menekankan kepada sifat kehidupannya serta ciri-ciri kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat pedesaan.

Aspek Positif dari Masyarakat perkotaan
  1. Berpikir secara modern atau secara pasti, maksudnya adalah bila masyarakat pedesaan masih mempercayai hal-hal gaib dan mistis, tetapi pada masyarakat perkotaan tidak seperti itu, mereka lebih percaya kepada bukti-bukti ilmiah dan nyata dari suatu permasalahan. Dan masyarakat perkotaan memiliki cara berpikir yang lebih masuk akal dari pada masyarakat pedesaan.
  2. Masyarakat perkotaan lebih mengutamakan pendidikan, maksudnya adalah masyarakat perkotaan memiliki pikiran yang terbuka bahwa begitu sangat pentingnya pendidikan bagi masa depan mereka kelak. Dan masyarakat perkotaan juga berlomba-lomba dalam mendapatkan pendidikan yang lebih baik, dibandingkan dengan masyarakat pedesaan yang lebih memilih menikahkan anak gadisnya dari pada menyekolahkan mereka.
  3. Masyarakat lebih maju karena bisa mengakses informasi dengan mudah, maksudnya adalah di daerah perkotaan kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi dengan akses yang mudah dan tidak berbelit-belit. Sedangkan di pedasaan, masyarakat sangat susah mendapatkan informasi, media yang memberikan informasi sangat terbatas jumlahnya dan tidak merata ke seluruh penjuru pedesaan.


Aspek Negatif dari Masyarakat Perkotaan
  1. Sifat masyarakat perkotaan yang lebih egois, maksudnya adalah mereka hanya mendahului urusan pribadi mereka dari pada mendahului urusan masyarakat umum, karena mereka berpikir bahwa tidak ada yang lebih penting dari urusan pekerjaan mereka.
  2. Banyaknya tindakan kriminal, maksudnya adalah dengan tingkat taraf kebutuhan sehari-hari yang tinggi dan banyak diantara mereka yang tidak mempunyai pekerjaan yang tetap atau bahkan pengangguran. Dan itu menyebabkan munculnya tindakan kriminal yang terjadi di perkotaan demi memenuhi kebutuhan mereka
  3. Hilangnya adat istiadat, maksudnya adalah masyarakat perkotaan sudah sangat jarang melakukan adat istiadat yang berasal dari kampong halaman mereka. Karena mereka berpikiran bahwa adat istiadat merupakan cara yang kuno dan tidak perlu dilakukan.   

Sumber :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar