Jumat, 18 Januari 2013

Fungsi Agama Dalam Masyarakat


Fungsi Agama dalam Masyarakat


            Agama merupakan hal yang paling penting dalam menjalani hidup di dunia. Karena bila kita tidak mempunyai agama yang kita yakini, kita bisa berbuat tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Di dalam setiap agama pasti mengajarkan untuk tidak saling menyakiti dan merugikan antar sesama manusia. Selain itu, di dalam ajaran semua agama pasti menjelaskan tentang berbagai aspek yang sudah pasti akan dialami oleh kita semua dalam menjalani suatu kehidupan.
           
            Fungsi agama dalam masyarakat itu sendiri adalah sebagai pedoman atau pegangan dalam menjalani sebuah kehidupan. Karena didalam ajaran semua agama tanpa terkecuali kita diajarkan apa itu saling menghargai, menghormati, toleransi antar umat beragama, menyanyangi sesama makhluk hidup, tidak membeda-bedakan yang kaya atau miskin maupun yang cantik atau jelek. Semuanya sama di hadapan Sang Pencipta itu poin utama yang sangat penting dlam menghadapi dna menjalani suatu kehidupan. Tetapi pada faktanya masyarakat zaman sekarang tidak mengindahkan semua ajaran-ajaran tersebut, mereka bahkan bertindak dan berperilaku sebaliknya. Seakan-akan mereka seperti kacang yang lupa dengan kulitnya, seharusnya mereka sadar akan ajaran yang sudah ada didalam agama mereka masing-masing, tetapi mereka melupakan itu semua dan bahkan sampai ada yang melupakan Tuhannya. Karena menurut beberapa manusia mereka bisa menjadi apa yang mereka mau tanpa ada campur tangan Tuhan, menurut mereka itu semua terjadi karena kerja keras bukan karena pertolongan Tuhan.

            Padahal bukan hanya kerja keras mereka saja, tetapi ada campur tangan dari Sang Maha Pencipta. Dan itu adalah sebagian contoh dari masyarakat yang kurang mendalami bahkan tidak mau mempelajari agama mereka masing-masing. Oleh karena itu fungsi agama dalam masyarakat sangat penting untuk membentuk masyarakat yang harmonis, madani, aman, tentram dan sejahtera. 

sumber : pemikiran sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar