Selasa, 07 Oktober 2014

Peran E-Commerce dalam Ekonomi Kreatif








Teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini, membuat manusia memiliki ide-ide yang kreatif untuk mempermudah mereka di dalam pekerjaan atau di kehidupan mereka sehari-hari, khususnya di bidang ekonomi. Dimulai tahun 1994, saat itulah sebuah banner elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman website, dan inilah sebenarnya yang menjadi cikal bakal dari e-commerce. 

Pengertian E-commerce

E-commerce sendiri adalah sebuah perdagangan online yang memiliki konsep dagang melalui media elektronik khususnya internet. E-commerce sendiri tidak hanya menjual berbagai barang saja, tetapi juga menjual jasa yang kita butuhkan. E-commerce juga memiliki sistem transaksi yang sangat memudahkan konsumen untuk memakainya.

Peran E-commerce dalam Ekonomi Kreatif

Setelah munculnya E-commerce, banyak kebutuhan manusia yang bisa dipenuhi, karena dengan berbelanja secara online, kita bisa menghemat waktu untuk tidak keluar rumah. Dari sinilah banyak perusahaan-perusahaan jasa baru yang bermunculan menyediakan suatu halaman web mereka bagi para produsen yang ingin menjual barang mereka melalui e-commerce atau perdagangan secraa online. Tentunya ini mejadi peluang yang besar mengingat zaman yang semakin berkembang dan teknologi yang semakin canggih, memungkinkan bahwa e-commerce bisa menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan untuk dijalani. Banyak industri-industri kecil, maupun industri menengah keatas bahkan sampai setiap orang melirik untuk bergabung kedalam e-commerce ini. Dan ini mengakibatkan banyaknya web-web baru yang berlomba-lomba menyediakan berbagai kebutuhan dalam harga yang murah atau terjangkau, demi menarik konsumen.

Melalui E-commerce ini, income pendapatan negara juga meningkat. Karena e-commerce bukan hanya menarik konsumen dari satu negara di mana e-commerce itu berasal, tetapi juga menarik konsumen dari berbagai macam negara di dunia. Tentunya ini bisa membuat pendapatan pajak di sebuah negara meningkat dan menjadikan industri-industri kecil lebih semangat lagi untuk memajukan usaha mereka dan timbul ide-ide baru yang lebih kreatif.


sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_kreatifhttp://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_kreatif , http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar