Sabtu, 24 November 2012

Fungsi Keluarga



keluarga



       Keluarga adalah kelompok yang paling kecil dari masyarakat yang idealnya terdiri dari mamah, bapak, dan umumnya dengan dua orang anak atau lebih yang berkumpul dan tinggal di satu rumah dan saling ketergantungan antar satu dan yang lainnya. Dan sebenarnya setiap anggota keluarga mempunyai tugas masing-masing untuk mewujudkan keluarga yang harmonis, seperti tugas bapak yang mencari nafkah, ibu yang menjadi ibu rumah tangga dan anka-anak yang menghormati, dan membantu kedua orangtuanya. 



FUNGSI KELUARGA

         Tetapi di samping itu, fungsi keluarga itu sendiri yang utama antara lain:
  1.    Fungsi pendidikan. Maksudnya adalah orangtua mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pendidikan formal maupun non formal agar anaknya bisa berguna bagi nusa dan bangsa.
  2.      Fungsi perlindungan. Ini adalah tugas dari semua anggota keluarga yang harus saling melindungi antara satu sama lain agar tercipta rasa aman dan tentram karena keluarga adalah tempat yang paling aman untuk berlindung.
  3.     Fungsi ekonomi. Dalam hal ini adalah tugas  seorang kepala keluarga yaitu ayah, dia bertugas untuk mencari nafkah untuk memenuhi segala kebutuhan anak dan istrinya,tetapi di zaman sekarang ini tak jarang pulang seorang ibu ikut berperan mencari nafkah tambahan.
  4.     Fungsi religius. Orangtua dianjurkan untuk memberikan pengetahuan tentang agama kepada anak-anak mereka sejak masih kecil. Ilmu agama nantinya akan menjadi bekal dann pegangan mereka dikemudian hari karena tidak selamanya manusia hidup didunia dan dengan ilmu agama mereka akan menjadi insan yang lebih baik.
  5.   Fungsi rekreatif. Di dalam sebuah keluarga diperlukan adanya waktu kebersamaan misalnya, acara menonton tv bersama dengan perbincangan antar individu dan lain-lain.





Bila semua fungsi ini berjalan dengan baik, maka akan mungkin menciptakan generasi-generasi muda yang lebih baik.


referensi:

http://crazymoodylifestyle.blogspot.com/2011/11/fungsi-keluarga_08.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar