Jumat, 19 Juni 2015

Manfaat Berpuasa Bagi Manusia

            Berpuasa adalah kewajiban yang harus dijalankan oleh umat nabi Muhammad saw. Perintah ini langsung diberikan kepada nabi kita pada bulan Ramadhan ini oleh Allah SWT. Tentu saja Allah SWT memberikan manfaat yang sangat luar biasa terhadap puasa ini, kita diminta untuk selalu menjaga hati kita menahan amarah, menahan lapar dan dahaga. Tentu ini dilakukan semata-mata hanya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwakan kita kepada sang pencipta. Sangat merugilah bagi mereka yang tidak melaksanakan perintah yang sangat penting ini, karena bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa ini akan diberikan penerangan jalan idup kelak di akhirat nanti.

            Selain untuk meningkatkan iman dan taqwa kita, puasa juga sangat bermanfaat terhadap kesehat kita, sudah banyak penelitian yang meneliti akan manfaat puasa ini, Apa saja manfaat yang dapat kita dapat dari puasa ini bagi kesehatan kita ? baiklah mari kita lihat beberapa manfaat puasa:
1. Meningkatkan kemampuan otak
Puasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, dan pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi otak. Penurunan jumlah hormon kortisol pada saat berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dapat membuat seseorang menurunkan tingkat stres.
2. Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
Sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Berpuasa memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung, ketika berpuasa, tubuh melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang bagik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
3. Menurunkan kadar kolesterol
Penurunan berat badan pada saat berpuasa merupakan salah satu manfaat puasa. Sebuah penelitian di Uni Emirat Arab menyimpulkan bahwa orang yang berpuasa terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung, sehingga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung atau stroke. Terlebih lagi jika mengikuti program diet sehat, tingkat kolesterol pun dapat diturunkan dengan mudah.
4. Mengontrol berat badan
Berpuasa dapat membuat tubuh untuk lebih mudah menurunkan berat badan. Tidak perlu melakukan diet yang berlebih untuk menurunkan berat badan. Dengan makan makanan secukupnya dan tetap mengonsumsi makanan yang sehat selama berpuasa.
5. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Manfaat puasa juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang menumpuk atau mendetoksifikasi. Selama berpuasa, Anda dapat mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan dalam satu bulan. Ketika tubuh memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh.
6. Mencegah diabetes

Diabetes dapat disebabkan karena tingginya kadar gula dan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Dengan kegiatan berpuasa konsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat terkontrol sehingga pada akhirnya dapat mencegah diabetes dan penyakit turunannya.
7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Pada saat berpuasa, tubuh akan lemas yang menurut beberapa orang akan menjadi lebih mudah sakit. Hal ini salah dan ternyata puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit bahkan sampai 10 kali lipat dalam tubuh, hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar dan baik terhadap sistem kekebalan tubuh, sehingga puasa dapat menghindarkan dari berbagai virus


Jadi kesimpulan yang bisa kita ambil adalah berpuasa tentu sangat baik bagi manusia baik itu kesehatan jasamani maupun kesehatan rohani. dan sampai saat ini belum ada berita mengenai orang yang meniggal karena perpuasa. Ayo mari kita berpuasa karena rugi lah mereka yang tidak berpuasa hehe :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar